Translate

Jumat, 28 Desember 2012

Virus-Virus Komputer yang Melegenda


Virus-Virus Komputer yang Melegenda



Foto: infoponselhp.blogspot.com
Sekarang ini jaman sudah berubah, semua serba cepat dan instant. Terutama dalam hal komunikasi dan jaringan, sekarang internet itu nomor satu. Mungkin internet itu sudah menjadi makanan pokok kita. Apalagi jika dirumah ada komputer dan akses internet, udah pasti betah dah lama-lama di depan kompie tanpa mempedulikan daya tahan tubuh kita sendiri.
Jika kalian mengenal komputer, pasti kalian mengenal apa yang dinamakan “VIRUS KOMPUTER”. Virus ini bisa menyebar melalui internet, dan sungguh mengerikan. Nah teman-teman, bukan hanya manusia yang bisa menjadi legenda, tetapi virus komputer juga bisa menjadi legenda. Nah berikut ini ada beberapa virus komputer yang melegenda di dunia.
1. Virus Jerusalem
Kenapa dinamakan Jerusalem? Soalnya virus ini pertama kali ditemukan pada tanggal 1 Oktober 1987 di sebuah Universitas yang bernama Universitas Jerusalem. Setelah diteliti lebih lanjut oleh ahli-ahli antivirus di tahun 1991, diketahui bahwa virus itu pertama kali menyerang negara Italia. Virus ini juga dikatakan sebagai virus tertua dalam sejarah pervirusan dan perkomputeran, soalnya virus ini salah satu virus pertama yang bisa menginfeksi file dengan ekstensi .com dan .exe.
2. Morris (Worm)
Virus yang satu ini kalian pasti sudah pernah mendengarnya, namanya Virus Worm. Worm dikatakan sebagai worm pertama yang mampu menyebar melalui jaringan internet. Nama virus ini dibuat berdasarkan nama sang pencipta yang bernama Robert Tappan Morris, dia merupakan seorang mahasiswa berasal dari Cornell University. Virus ini pertama kali ditemukan tanggal 2 November 1988, dan berhasil menginfeksi 6000 sampai 9000 komputer. Dan akhirnya Morris sendiri ditangkap dan diadili dengan hukuman 3 thaun penjara dan juga denda sebesar 10.000 dollar AS.
3. Virus Barrotes
Virus ini diduga-duga berasal dari Spanyol. Virus ini sudah menyerang di tahun 1993 dan cukup membuat resah, pasalnya virus ini mampu menginfeksi file COm dan EXE. Bahkan virus ini mampu menyerang Master Boot Record dari harddisk, jadi si pengguna akan sulit dalam mengaksesnya.
4. Solar Sunrise
Sebenarnya bukan sebuah nama virus, tapi suatu keadaan dimana pada saat itu kelompok hacker bisa meretas dan menguasai 500 sistem komputer di Amerika di tahun 1988. Mereka berhasil menguasai komputer milik militer AS, badan pemerintahan hingga swasta. Virus ini dapat menyerang sistem operasi Solaris yang dikembangkan oleh Sun.
5. Virus Chernobyl (CIH)
Virus ini adalah satu satu virus yang cukup melegenda, soalnya sudah menimbulkan kerugian yang amat besar. Kerusakan dna juga kerugian yang disebabkan virus ini mencapai 20 sampai 80 juta dollar AS di seluruh dunia. Akhirnya virus ini pun diketahui berasal dari Taiwan dan dianggap sebagai virus paling berbahaya dalam sejarah pervirusan dan perkomputeran. Virus ini mampu menginfeksi windows 95, 98 dan juga ME (Millenium Edition). Nama Chernobyl diambil karena kerusakan yang diakibatkan virus ini dan juga bersamaan dengan meledaknya reaktor nuklir di Chernobyl.
6. Virus Melissa
Virus ini pertama kali ditemukan pada tanggal 26 Maret 1999 dan membuat kerugian mencapai 300 sampai 600 juta dollar AS. Para ahli antivirus mengatakan jika virus Melissa ini sudah menginfeksi 15-20% semua komputer bisnis di dunia. Cara virus ini menyebar melalui Microsoft Outlook lalu akan mengirimkan email duplikasi virus ke 50 orang yang ada pada kontak email.
7. Virus ILOVEYOU
Virus ini merupakan worm yang paling berbahaya dalam sejarah virus komputer. Pasalnya virus ini sudah membuat kerugian mencapai angka 5,5 miliar dollar AS. Pertama kali virus ini ditemukan adalah di Filipina, kemudian menyebar melalui internet keseluruh dunia, dan hal itu terjadi hanya dalam waktu satu hari saja sudah bisa menginfeksi 10% pengguna internet diseluruh dunia. Nama virus ini diambil dari nama subject email yang menjadi alat penyebaran worm ini.
Nah itu dia beberapa virus komputer yang melegenda, jika kalian senang dengankomputer dan internet pasti tahu semua virus diatas. Semoga artikel ini bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar